Peran Guru Dalam Pendidikan Anak

Guru memiliki peran penting dalam dunia pendidikan Indonesia. Guru memiliki kewajiban mengajar di kelas dengan beban kerja sekian jam setiap minggunya. Seorang guru harus mampu mengajarkan materi ajar dengan baik dan bisa membuat semua siswanya dapat memahami pelajaran yang dia ajarkan.Tingkat pemahaman siswa terhadap pelajaran adalah tanggung jawab guru sepenuhnya.

Namun, tugas guru tidaklah hanya untuk menyampaikan pelajaran dengan baik dan membuat siswanya mengerti. Guru memiliki peran yang lebih besar lagi. Sayangnya sebagian besar guru melupakan perannya ini di dalam ataupun di luar kegiatan belajar-mengajarnya. Seorang guru juga memiliki kewajiban untuk memperhatikan perkembangan psikologi anak didiknya. Ketika seorang anak bertingkah aneh di kelas, guru di kelasnya harus mencari tahu penyebab kenapa anak itu bersikap seperti itu dan segera menyelesaikannya.  Oleh karena itu guru harus sering bergaul dengan anak didiknya sendiri dengan sering berbincang-bincang dengan mereka, makan bersama di kantin, mengikut sertakan mereka ketika mengerjakan tugas-tugas sekolah, dsb. Tidak bisa seorang guru hanya masuk ke dalam kelas ketika jam pelajaran dan mengurung diri di ruang guru ketika istirahat ataupun pulang sekolah.

Apalagi di zaman sekarang di mana kehidupan sosial telah banyak berubah. Kita tidak memaksakan siswa untuk selalu patuh kepada guru seperti zaman dahulu. Guru harus menjalin tali pertemanan dengan anak didiknya, namun dengan batasan agar mereka selalu patuh. Sehingga ketika berada dekat dengan gurunya, siswa tersebut bisa merasa lebih dekat namun juga sopan.

 

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.