Tips Agar Anak Rajin Membaca Buku

Melihat anak yang terus bermain konsol game dan menonton televisi pasti sungguh menyebalkan, apalagi jika anak kita malas membaca buku. Pasti kita pun jadi khawatir nilai di sekolahnya jadi jelek dan mulai khawatir memikirkan masa depannya. Melihat gejala anak yang malas membaca harus diatasi secepatnya, jika tidak penanganannya nanti akan lebih sulit lagi. Kita sebagai orang tua harus bisa membiasakannya rajin membaca buku sedini mungkin. Agar anak rajin membaca, saya telah membuat beberapa tips bagi orang tua sebagai berikut:

Bacakan cerita untuk anak

Bagi Anda yang memiliki anak yang masih balita atau belum menginjak bangku sekolah, sebaiknya Anda harus sering-sering membacakan cerita untuk anak. Ini ditujukan agar anak tertarik dengan buku yang dibacakan orang tua dan ketika dia bertambah usianya dan sudah mampu membaca anak akan terbiasa melihat buku dan mulai rajin membaca. Sebaiknya hindari hal-hal negatif seperti televisi dan video game bagi anak usia dini, ini akan membuat mereka kecanduan dan meninggalkan membaca buku.

Berikan anak buku cerita bergambar

Berbeda usia, berbeda juga minat seseorang akan suatu buku. Bagi orang tua yang sudah dewasa, adalah hal biasa membaca sebuah novel yang hanya memiliki gambar di sampul depannya. TapiĀ  bagi anak bacaan seperti ini tidaklah menarik. Sediakan dia buku-buku bacaan yang banyak gambarnya. Semakin muda anak anda, semakin banyak gambar di buku tersebut. Ini dikarenakan anak yang yang masih kecil lebih tertarik dengan gambar dibandingkan dengan tulisan. Biarkanlah jika anak anda gemar membaca komik, ini akan membuat dia suka membaca buku-buku lainnya termasuk buku pelajaran. Seiring dengan pertambahan umurnya kurangi gambar pada buku bacaannya. Dan ketika dia sudah remaja berikan dia novel yang menyediakan satu gambar di setiap babnya.

Berikanlah pujuan ketika anak sedang membaca

Memberikan pujian ketika Anda melihat anak Anda sedang membaca sangatlah penting. Ini membuat dia senang dan tahu bahwa membaca membuat orang di sekitarnya menyenanginya. Dengan memujinya anak kita akan tahu bahwa yang dia lakukan adalah benar dan anak akan merasa senang jika tahu yang dilakukannya benar. Jika perlu berikanlah poin ketika Anda melihat anak Anda sedang membaca, dan berikanlah hadiah jika anak Anda telah mencapai poin tertentu. Katakan kepada anak Anda, “Wah, hebat kamu rajin membaca. Kamu dapat satu poin. Jika kamu mendapatkan 10 poin, ibu akan memberikan kejutan untukmu.”

Sering terlihat membaca buku di depan anak

Jangan salahkan anak Anda yang malas membaca jika Anda sendiri malas membaca di depannya. Anak mencontoh perilaku orang di sekitarnya termasuk orang tua. Jika anak sering melihat Anda bermalas-malasan di depan televisi maka anak Andapun akan mencontohnya. Oleh karena itu sering-seringlah terlihat membaca buku atau koran di depan anak. Lama-lama anak Anda akan mencontoh Anda ketika membaca dan diapun akan terus rajin membaca buku.

Sering membawa anak ke perpustakaan dan toko buku

Membawa anak ke perpustakaan dan toko buku memberikan stigma bahwa membaca buku itu menyenangkan. Apalagi jumlah buku di perpustakaan dan toko buku jauh lebih banyak dibandingkan dengan koleksi buku Anda di rumah. Ajaklah dia berkeliling dan biarkan dia memilih buku yang dia suka. Dan jika dia tidak suka membeli buku, biarkan dia melihat Anda memilih buku dan membelinya di kasir.

Matikan televisi di rumah anda

Walaupun memberikan banyak informasi baru, tapi televisi di rumah memberikan penyakit yang luar biasa hebatnya bagi kebiasaan anak membaca. Banyak peneliti yang mengatakan bahwa hadirnya televisi mengakibatkan penurunan drastis bagi kebiasaan anak membaca. Oleh karena itu batasilah waktu menonton televisi di rumah. Tidak hanya bagi anak Anda, tapi juga bagi anggota keluarga Anda yang lain. Seperti yang saya jelaskan di atas, jika anak Anda melihat Anda menonton televisi maka dia akan mencotohnya juga. Maka matikanlah televisi Anda sekarang juga dan bukalah buku kesukaan Anda.

 

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.