Tips Membuat Kamu Rajin Mengerjakan PR

Mengerjakan PR

Mengerjakan PR

Sekarang Expert Private ingin membagi sebuah tips bagi adik-adik dan teman-teman yang masih duduk di bangku sekolah. Pasti adik-adik dan teman-teman seringkali mendapatkan Pekerjaan Rumah (PR) dari ibu atau bapak guru di sekolah. Apalagi di musim liburan pasti bapak dan ibu guru memberikan PR yang sangat menumpuk dan sulit untuk dikerjakan. Dan pasti sering kali juga adik-adik dan teman-teman lupa maupun kesulitan untuk mengerjakanya sehingga pada hari yang sudah ditentukan kamu lupa mengerjakannya dan terpaksa mendapatkan hukuman oleh bapak dan ibu guru di sekolah.

Kali ini Expert Private akan memberikan beberapa tips cara bagaimana kalian bisa terhindar dari hukuman bapak dan ibu guru karena tidak mengerjakan PR. Silahkan dibaca pelan-pelan, dan jangan lupa dilaksanakan ya. :-)

1. Catat Semua PR yang kamu dapat
Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah catat semua PR yang kamu dapat. Maksudnya catat di sini bukan menuliskan judul PR di halaman buku latihan kamu lho, tapi siapkanlah satu buah buku kecil di mana kamu bisa catat semua jenis PR yang harus kamu kerjakan. Kenapa harus di catat segala? Karena manusia itu sifat dasarnya pelupa, kita bukan robot, jadi pasti sering mengalami yang namanya lupa. Jadi ketika kamu mendapatkan PR di sekolah, langsung catat di buku kecil itu apa saja PR nya, di buku apa, halaman berapa, nomer berapa sampai nomer berapa dan kapan harus dikumpulkan. Buatlah serapi mungkin sehingga kamu dapat melihatnya dengan jelas PR apa saja yang kamu miliki. Jangan buat catatan PR di buku coret-coretan, apalagi di kertas catatan hutang. Hehe…

2. Kerjakan semua PR sekarang juga
Penyakit terbesar pelajar dan sebagian besar orang Indonesia adalah menunda. Ketika kamu dapat PR pasti malas sekali untuk mengerjakannya dan lebih memilih mengerjakannya nanti setelah nonton TV atau bermain PS. Toh, masih lama ngumpulinnya. Well, kebiasaan inilah yang 100% harus dirubah. Karena kebiasaan seperti ini akan mempengaruhi kesuksesan kamu di masa depan nanti. Tidak ada orang sukses yang suka menunda. Ketika kita menundanya hari ini, berarti besok pun kita tidak akan mengerjakannya. Jadi jika kamu ingin menyelesaikan PR kamu, kerjakan sekarang juga tepat ketika kamu pulang sekolah. Bahkan jika bisa ketika masih di sekolah kamu bisa mencuri-curi waktu di jeda pergantian jam dan jam istirahat untuk mengerjakan PR. Toh jika sudah selesai kamu merasa lebih lega bukan.

3. Buat jadwal kapan kamu mengerjakan PR
Jika penyakit menunda-nunda pekerjaan masih menjangkiti hatimu, maka segeralah hubungi dokter. Ups, salah. Eh, sorry gak boleh nyebut merk. Maka segeralah buat jadwal mengerjakan PR. Buatlah jadwal mengerjakan PR setiap harinya misalnya jam 7 malam. Maka pada saat itu, kamu harus mengerjakan PR, bukan yang lainnya. Mintalah tolong ke anggota keluarga yang lainnya bahwa kamu harus mengerjakan PR pada jam segitu. Jika kamu masih malas juga, maka paksakan. Sebenarnya perasaan malas itu hanya muncul sementara. Ketika kamu sudah mulai mengerjakan PR, maka perasaan malas itu pasti hilang dan berganti menjadi semangat 46, yaitu semangat membalap Rossi.

4. Buat stick note di depan pintu kamarmu
Belilah sebuah stick note, kertas warna warni yang memiliki perekat di salah satu ujungnya. Tapi jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa menggunakan selembar kertas dan perekat apa saja yang pentin bisa menempelkan kertas itu di pintu kamar kamu. Tulislah PR penting yang harus kamu kerjakan di Stick Note itu. Dan tidak harus ditempatkan di pintu kamar, kamu juga bisa meletakkannya di tempat lainnya yang sering kamu lihat seperti cermin dan lemari. Dengan menggunakan stick note ini maka kamu akan mudah ingat bahwa kamu masih punya PR yang harus dikerjakan sebelum main atau ngapel ke rumah pacar.

5. Beritahu orang terdekat bahwa kamu punya PR
Untuk mengingatkan dirimu sendiri, ada baiknya kamu memberitahu orang terdekat kamu bahwa kamu punya banyak PR. Orang terdekat ini bisa saja orang tua, adik, teman atau bahkan pacar. Karena saya yakin orang terdekatmu akan dapat meluluhkan hatimu dengan mudah untuk mengerjakan PR. Mungkin gertakan orang tua sudah kebal bagi dirimu, tapi rayuan sang pacar pasti takkan bisa kamu tolak. Emangnya mau diputusin. Hehe..

6. Kerjakan PR bersama teman
Ini merupakan salah satu tips mujarab yang adik dan teman bisa lakukan jika menemukan PR yang sangat sulit dan banyak. Kamu bisa mengerjakannya bersama teman-teman sekelasmu. Undanglah beberapa temanmu yang cukup kooperatif dan usahakan undang juga temanmu yang paling pintar di kelas. Kalo kondisi rumahmu tidak memungkinkan kamu bisa cari tempat lain yang lebih nyaman. Rayu mereka untuk mengerjakan PR bersama. Ada pepatah mengatakan lebih banyak kepala lebih baik, itu juga berlaku dalam hal ini. Tanyakan bagaimana cara mengerjakan PR yang sulit kepada temanmu yang lebih pintar. Dan jika soal PRnya terlalu banyak, kamu bisa membaginya bersama sehingga terasa lebih mudah.

7. Jangan lupa membawa PR ke sekolah
Jika kamu sudah mengerjakan PR kamu yang seabrek itu dengan baik, maka yang paling penting adalah jangan lupa untuk membawanya ke sekolah. Jika kamu lupa membawanya, maka sia-sialah perjuangan kamu sejauh ini. Oleh karena itu, agar kamu tidak lupa untuk membawa PR ke sekolah, siapkanlah buku-buku pelajaran termasuk PR yang sudah kamu kerjakan ke dalam tas malam hari sebelum kamu sekolah. Lakukan malam sebelumnya agar kamu tidak terburu-buru dibandingkan dengan menyiapkannya di pagi hari. Jad kemungkinan tertinggalnyapun menjadi kecil.

Sekian tips singkat dari Expert Private. Jangan lupa untuk mengejakan PR kamu, makan dan tidur yang cukup dan semoga kamu bisa mendapatkan nilai yang bagus di sekolah… :-)

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.