Tips Mengerjakan Soal Ujian Nasional (UN)

Sebentar lagi seluruh siswa kelas 3 di Indonesia akan mengerjakan soal Ujian Nasional sebagai salah satu syarat kelulusan mereka demi menempuh pendidikan yang lebih  tinggi lagi. Karena sifat Ujian Nasional yang menentukan hidup mati mereka belajar 3 tahun di sekolah banyak yang merasa gugup dan grogi apakah mereka bisa mengerjakannya dengan baik. Karena Expert Private peduli dengan pendidikan Indonesia dan nasib siswa seluruh Indonesia, kami menyediakan beberapa tips kepada siswa agar bisa mengerjakan soal Ujian Nasional atau UN dengan baik.

1. Belajarlah dengan baik sebelum UN
Ujian Nasional menilai pemahaman siswa selama  belajar di sekolah. Siswa akan diberikan soal yang meliputi materi belajar di sekolah selama 3 tahun. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk mempelajari kembali seluruh pelajaran selama dia belajar di sekolah dari kelas 1. Jadi jangan hanya belajar kelas 3 saja, tapi kelas 1 dan kelas 2 juga. Belajarlah jauh-jauh hari sebelum UN dilaksanakan. Itu akan lebih efektif karena otak kita akan menerima pelajaran yang kita pelajari secara lebih baik. Jika belajarnya hanya satu minggu atau bahkan satu hari sebelum UN, hasil belajarnya tidak akan optimal.

2. Persiapkan kondisi fisik dengan baik
Kondisi fisik juga mempengaruhi tingkat konsentrasi kita ketika mengerjakan soal UN. Istirahat yang cukup satu hari menjelang UN. Jangan belajar terlalu kelas, ambillah waktu luang yang lebih banyak agar kita bisa lebih bugar keesokan harinya. Dan juga jaga kesehatan, hindari melakukan kegiatan yang memforsi kondisi fisik terlalu banyak yang dikhawatirkan dapat mengakibatkan jatuh sakit. Di pagi hari menjelang UN, bangun pagi dan makanlah yang cukup dan hindari makanan yang pedas agar perut kita tidak bermasalah ketika mengerjakan soal nanti.

3. Berangkat ke sekolah lebih pagi
Jika kita datang lebih pagi, kita akan merasa lebih rileks dan mengetahui atmosfir sekolah di mana kita mengerjakan soal UN. Jika kita datang sangat dekat dengan waktu ujian atau bahkan terlambat. Kita akan merasa nervous dan hasilnya tidak akan optimal. Oleh karena itu, pastikan bahwa kita mengetahui jadwal UN, merencanakan rute berangkat ke sekolah yang terhindar dari macet, dan berangkat lebih awal.

4. Persiapkan alat tulis yang dibutuhkan
Ketika mengerjakan soal UN, kita tidak diperkenankan meminjam alat tulis dari teman di sekitar. Oleh karena itu pastikan kita membawa alat tulis yang dibutuhkan seperti pensil 2B, rautan dan penghapus. Pastikan juga pensil yang kita beli adalah benar-benar 2B. Kita bisa mengecek pensil yang kita punya dengan mencoret-coret membentuk lingkaran jawaban ujian di kertas kosong. Jika hasilnya benar-benar hitam maka itu adalah pensil 2B. Tapi jika kurang terlalu hitam, bahkan kita masih bisa melihat garis kertas buku yang kita gunakan maka gantilah pensil itu dengan pensil 2B yang asli. Untuk menjamin kualitas pensil yang kita beli, upayakan kita membeli pensil di toko buku terpercaya, dan jangan membeli di penjual keliling. Lebih baik lagi jika kita menggunakan pensil mekanik, sehingga kita tidak perlu merautnya lagi. Tapi ingat kita harus tetap megisinya dengan isi pensil 2B. Jangan lupa membawa papan, karena dikhawatirkan meja tempat kita mengerjakan soal UN tidak rata atau banyak bolongnya. Ingat, kertas jawaban yang bolong tidak dapat dibaca oleh mesin scanner pembaca jawaban UN. Dan yang terakhir jangan lupa bawa kartu ujian kita karenan nanti pengawas akan memeriksanya.

5. Kerjakan soal dengan tenang
Sebelum mulai mengerjakan bacalah doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Jika anda muslim, jangan lupa membaca basmalah. Pertama-tama isilah biodata diri kita berupa nama lengkap, nama sekolah, nomor ujian, dan jangan lupa tanda tangna. Kerjakan soal dengan tenang, dan baca soal dengan hati-hati. Perhatikan kata per kata terutama untuk pelajaran bahasa Indonesia. Dan jawablah dengan menghitamkan di kolom yang disediakan. Jika kita ingin mengganti jawaban, hapuslah jawaban sebelumnya dengan baik dengan menghapus satu arah. Menghapus satu arah artinya kita menggesek penghapus dan kertas satu arah saja, tidak dua arah seperti yang biasa kita lakukan ketika menghapus biasanya. Ini untuk menghindari kertasa jawaban rusak atau robek ketika menghapus. Jangan lupa, kita harus bisa mengatur waktu dengan baik. Kita harus sudah selesai mengerjakan soal 15 menit sebelum waktu selesai. Oleh karena itu buatlah maksimal mengerjakan soal 4 menit agar waktunya cukup.

6. Hindari mencontek
Jika ada teman kita yang meminta jawaban, hindarilah memberikan jawaban padanya. Begitupun dengan kita, jika tidak mengetahui jawaban, maka gunakan potensi diri untuk menjawabnya secara mandiri. Mencontek itu akan membuat kita terbiasa untuk melakukan hal-hal negatif di masa depan seperti korupsi contohnya. Oleh karena itu kerjakan soal sendiri dan percaya kita bisa lulus dengan baik dengan jerih upaya kita. Pasti bangga donk jika kita bisa lulus dengan upaya sendiri, daripada ternyata lulus dari hasil mencontek.

Demikian tips dari Expert Private. Semoga teman-teman  semua bisa mengerjakan soal UN dengan baik dan bisa lulus. Dan juga semoga bisa menjadi manusia yang berguna kelak. Amin.. :-)

 

 

 

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.