Tips Menjaga Pergaulan Anak Tetap Baik

Kenali teman anak anda dengan baik.

Anak adalah buah hati orang tua yang paling dicintai. Demi anak tercinta orang tua rela melakukan apa saja demi kebahagiaannya. Tapi di zaman modern ini di mana kebanyakan orang tua baik ayah maupun ibu bekerja, anak seringkali terbengkalai dan dibiarkan bermain dengan teman sebayanya. Sebagai orang tua kita mungkin merasa senang karena anak kita bisa aktif bermain dengan temannya namun juga khawatir apakah temannya tersebut adalah teman yang baik atau tidak. Expert Private menyajikan beberapa tips agar orang tua bisa menjaga pergaulan anaknya.

1. Kenali teman anak dengan baik
Orang tua yang baik mengenal semua teman-teman anaknya. Oleh karena itu kita juga harus mengetahui dengan siapa anak kita bergaul. Sering-seringlah bertanya  tentang aktivitasnya di sekolah dan luar rumah. Ajak ngobrol dengan siapa mereka dekat, bermain, dan apa saja yang mereka lakukan. Jika anak anda tidak berkenan untuk menceritakan aktifitasnya, janganlah dipaksa. Ajaklah dia ngobrol dengan situasi yang santai. Jika dia telah siap, dia akan menceritakan semuanya dengan sendirinya. Undanglah teman anak Anda untuk ke rumah. Ajaklah dia makan malam atau acara lainnya di rumah. Ini untuk mendekatkan diri dengan temannya. Anak kita akan senang jika kita menunjukkan ketertarikan dengan teman baiknya.

2. Kenali sifat teman anak anda
Yang paling penting harus kita lakukan adalah mengenali dengan pasti watak, sifat, perilaku, dan kebiasaan teman dekat anak kita. Pastikan teman anak kita memiliki sifat dan kepribadian yang baik. Tapi jika ternyata teman kita memiliki sifat yang kurang baik, bicarakanlah pada anak kita dengan anak kita mana sifat yang baik dan mana yang tidak. Bimbinglah dia untuk mempunyai sifat yang baik. Dan upayakan agar dia tidak terlalu dengan temannya tersebut. Ini agar anak kita tidak teracuni dengan  temannya. Bisa saja anak kita yang telah memiliki kepribadian yang baik berubah menjadi buruk karena temannya.

3. Kenalkanlah teman baik padanya
Jika teman anak anda kurang pergaulan atau memiliki lingkungan pergaulan yang kurang baik. Kita bisa mengenalkan anak teman atau kolega kita untuk berteman dengan anak kita. Tentu saja kita harus memastikan anak itu adalah anak yang baik. Upayakan pula perkenalan ini tidak terkesan dipaksakan atau dibuat-buat. Jika tidak anak kita tidak mau berteman dengan teman pilihan kita. Karena anak tidak dicarikan teman. Buatlah perkenalan ini seolah-olah secari secara tidak sengajar. Ajaklah teman pilihan kita untuk makan bersama di luar bersama anak kita tersebut. Maka anak kita akan semakin dekat dengannya dan memiliki pergaulan yang baik.

Skian tips singkat dari Expert Private. Semoga tips dari kami bermanfaat  bagi Anda. Salam sukses.

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.