Tips Menjawab Soal UN dan SNMPTN/SPMB

Dengan teliti kita dapat meningkatkan nilai hasil ujian kita.

Ujian Nasional (UN) dan SNMPTN/SPMB adalah ujian penentu apakah seseorang bisa lulus atau masuk ke perguruan tinggi yang diinginkannya. Karena ujian ini begitu menentukan, banyak pelajar yang belajar mati-matian agar dapat lolos. Tapi sebenarnya soal UN dan SNMPTN memiliki trik tersendiri yang dapat mempermudah menjawabnya. Berikut ini adalah tips dan trik yang Expert Private sediakan.

1. Jawablah pilihan yang paling meyakinkan
UN dan SNMPTN menggunakan format ujian yang sama, yaitu pilihan ganda. Ini memudahkan peserta untuk menemukan jawaban, karena jawabannya telah disediakan di pilihan-pilihan yang disediakan. Oleh karena itu pilihlah jawaban yang paling meyakinkan. Tapi ingat ada perbedaan ketika Anda mengerjakan soal UN dan SNMPTN. Karena tidak ada pengurangan nilai yang salah dalam UN, maka usahakanlah untuk menjawab seluruh soal UN. Karena jikapun kamu salah, nilai kamu tidak akan dikurangi. Ini berbeda dengan soal SNMPTN yang memiliki sistem pengurangan nilai. Oleh karen itu kamu harus lebih berhati-hati ketika menjawab soalĀ  SNMPTN. Jika kamu tidak yakin dengan jawaban kamu, maka lebih baik tidak usah dijawab. Jawablah soal yang kamu benar-benar yakin benar. Tapi jangan biarkan soal satu pelajaran kosong, karena ada titik mati dalam setiap pelajaran SNMPTN, jadi jika kamu tidak menjawab atau nilai jawaban kamu untuk satu pelajaran kurang, maka kamu tidak dianggap lolos walaupun nilai mata pelajaran yang lain sangat tinggi.

2. Gunakan sistem eliminasi
Dalam soal UN dan SNMPTN biasanya disediakan 5 pilihan jawaban. Jika kamu mengetahui jawaban pastinya pasti akan sangat mudah menjawabnya. Tapi jika kamu bingung bahkan tidak tahu sama sekali jawaban yang benar, apa yang harus dilakukan. Tenan saja, kita dapat menggunakan sistem eliminasi. Sistem eliminasi berarti mengurangi pilihan jawaban yang ada menjadi lebih sedikit berdasarkan logika jawaban itu mungkin atau tidak. Sehingga kemungkinan jawaban kita benar semakin besar. Contohnya dari 5 jawaban yang telah disediakan, coretlah jawaban yang paling tidak mungkin. Kamu pasti dapat mengira-ngira jawaban mana yang tidak mungkin. Setelah dikurangi, misalnya 2, maka sekarang pilihan jawaban yang mungkin tinggal 3. Pilihlah salah satu dari ketiga jawaban ini yang paling benar. Ini akan memperbesar peluang jawaban kamu benar karena pilihannya hanya 3. Tapi ingat, kamu harus mencoret jawaban yang PALING TIDAK MUNGKIN.

3. Soal kecuali dan manakah yang benar
Ketika mengerjakan soal UN terutama pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pasti kita akan sering bertemu dengan soal “manakah jawaban di bawah ini yang benar?” atau “kecuali.” Jika kamu bertemu dengan soal ini, lihat dan pertimbangkan pilihan jawaban dari jawaban yang paling akhir “option E” ke paling awal “option A”. Dan jika kamu tidak tahu jawabannya, pilihlan antara jawaban C, D atau E. Kenapa, karena untuk jenis soal ini, kemungkinan jawaban C, D dan E adalah yang paling besar. Ini berdasarkan pengamatan penulis selama beberapa tahun mengamati soal-soal UN dan SNMPTN.

4. Baca soal terlebih dahulu lalu teksnya
Ketika kita sedang mengerjakan soal teks panjang seperti yang ada di pelajaran bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris soal teks adalah yang paling menhabiskan waktu. Karena kita harus membacanya dengan seksama. Tapi sebenarnya ada trik untuk bisa menjawabnya dengan cepat, yaitu dengan membaca soalnya terlebih dahulu lalu membaca teksnya. Kenapa? Karena dengan membaca soalnya terlebih dahulu kita sudah tahu apa yang akan kita cari ketika membaca teksnya. Ini menghindari membaca teks berkali-kali dan menghabiskan waktu banyak. Dengan sekali baca, semua soal teks tersebut bisa diselesaikan dengan benar.

5. Kerjakan soal ‘apa yang dimaksud dengan’ terlebih dahulu.
Ini masih ada kaitannya dengan soal teks, ketika kita menemukan pertanyaan: What does it mean by enlarge in paragraph 3? Kita harus mengerjakan soal seperti ini terlebih dahulu dibandingkan dengan soal lain dalam teks yang sama. Karena ini adalah pertanyaan yang mudah dan dapat dikerjakan tanpa membaca teks secara keseluruhan. Plus dengan mengerjakan soal ini, kita dapat membaca sebagian teksnya sehingga menghemat waktu untuk soal yang lain. Siapa tahu soal yang lain berada di paragraph yang sama dengan soal itu, kita kan tidak perlu baca lagi.

6. Bacalah seluruh soal dan jawaban berkali-kali
Jika kamu sudah selesai menjawab seluruh soal UN dan SNMPTN maka jangan langsung keluar, gunakan waktu yang tersisa untuk membaca soal dan jawabannya. Periksa apakah jawaban kita sudah sesuai dengan jawaban yang kita inginkan. Dan juga apakah jawaban kita sudah benar atau masih salah. Pertimbangkan lagi pertanyaan-pertanyaan yang kita kurang yakin dengan jawabannya. Minimal kita harus membaca seluruh soal dan jawaban sekali lagi, lebih banyak lebih baik. Kenapa harus dibaca ulang? Karena kita seringkali keliru danĀ  terburu-buru. Sehingga jawaban yang kita inginkan ternyata salah tulis di lembar jawaban, yang seharusnya A menjadi B misalnya. Jika kita teliti, ini akan menambah nilai kita sedikit.

Itu saja yang bisa Expert Private sampaikan. Jika kamu tertarik untuk ikut les privat bisa menghubungi kami di 021-4555 5454 atau 0856 7676 600. Semoga kamu bisa menyelesaikan soal UN dan SNMPTN dengan baik. Dan juga semoga bisa lulus dan masuk perguruan tinggi yang diinginkan.

 

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.